Testimoni Para Pemenang Try Out Sintesa (TOS) IPS 2014


Fandi Andrian Cindra Putra (Peringkat I TOS)

Ehm, sebelum menghadapi Try Out Sintesa dari liburan emang udah belajar sedikit materi-materi SBMPTN, walaupun gak rutin tiap hari. Kenapa harus belajar dari liburan? Karena aku termotivasi dari kata-kata mas botak waktu itu : “Persiapkan untuk yang terburuk walaupun udah ada SNMPTN” yah, kira-kira gitulah, haha.

Masih inget banget hari dimana Try Out Sintesa UI diadain “2 Februari 2014”. Dan soal-soalnya tetep aja susah sih walaupun udah belajar kemaren malemnya -_- apalagi matdas, ekonomi sama sejarah K. Pulang kerumah, dan bela-belain online fb seharian cuma buat nunggu pengumuman pemenang, eh ternyata diundur jadi besok. Malemnya pun tidur dengan perasaan agak kecewa.

Besok-besoknya, pulang sekolah dapet pesan dari kak Samsudiat, kira-kira isinya gini : “Fandi, selamat yah kamu jadi pemenang Tour De UI.” Otomatis aja langsung lompat dari kursi. Sumpah engga nyangka banget.

Skip 3 hari kemudian berangkattt. Saking nyantenya, waktu hari keberangkatan hampir telat. Lari-lari di depan stasiun udah dinanti mas Sepul menjulang tinggi kaya patung selamat datang (beneren). Bersyukur aja sih gak ketinggalan kereta, hehe. Duduk di kereta tegal arum, sebelahnya Osel. Belum sempet kenal-kenalan lagi sama pemenang lain dari smansawi & smagawi, soalnya duduknya jauh-jauhan. Dan waktu itu aku cuma sempet liat dua orang kaka Sintesa, mas Sepul sama mas Safrial (faktor telat).

Perjalanan monoton, duduknya lama banget dan dalem hati menanti-nanti banget Depok itu kota yang seperti apa. Sampai di stasiun Jakarta Kota, harus naik KRL lagi ke Depok. Ini pertama kalinya aku naik KRL dan bingung kenapa orang-orang pada lari-lari padahal keretanya belum berangkat. Entah berapa lama perjalanan naik KRL akhirnya kita sampai juga di Depok, stasiun UI.

Capek, laper, haus, ngantuk. Tapi, masih harus nunggu bikun. Beberapa lama, bikun tiba. Sepanjang perjalanan di bikun, liat banyak baliho berlogo UI nampang dimana-mana. Sesampainya di wisma, waaaw. Tidak seperti yang selama ini saya bayangkan, hahaha. Tapi entah kenapa wisma ini tempat yang atmosfirnya mirip “rumah” sendiri. Eh, maksudnya nyaman dan family-friendly gitu orang-orangnya, hahaha.

Skip, besoknya aku, Osel, Arief, Irwan, Ifti, dan ka Saiful diajak keliling fakultas. Liat-liat gedung-gedung kece yang bertengger dimana-mana. Apalagi waktu di FISIP! Fakultas impian, dambaan, cita-cita yang bakal aku kejar sampe mati, hehehe. Pokoknya waktu lagi jalan-jalan di UI itu bukan kaya lagi jalan-jalan di sekolahan, malah lebih kayak “A Really Huge Dreamy Playground”, bener-bener asik banget. Apalagi perpustakaannya meeen, gede banget, malah lebih mirip kaya mall, hehe. Sayang sih waktu itu gak bisa liat wisuda soalnya lama banget ceremonynya. Tapi gak masalah sihh, bisa berpijak di tempat bernama “Universitas Indonesia” udah kebanggaan dan kebahagiaan besar buat kami semua.

3 hari bersenang-senang, dapet pengalaman-pengalaman baru, pemandangan-pemandangan baru, dan pelajaran-pelajaran baru yang belum pernah aku dapetin sebelumnya. Gokilnya kaka-kaka Sintesa UI juga mewarnai tur kita waktu itu. Tahun ini, 2014 semoga aku, Osel, Arief, Irwan, Ifti, dan ka Saiful bisa jadi maba UI, aminnn.

Terimakasih banyak mas dan mba Sintesa UI (mas Sepul, mba Ismi, mba Hanif, mba Diah, mas Diat, mas Adit, kak Rendy, je Manda, mas Syamsul, mas Risang, mas Husein, mba Chenchen, mas Bojong, mas Ilham, mba Ulin, dll) yang udah repot-repot ngurusin kami 3 hari ini hehe, oh ya ngga lupa terimakasih juga buat mas botak yang nyediain kamar kos-annya buat aku sama Ifti. Semoga bisa ketemu lagi mas mba!

 

————————————————————————————————————————————————————————

Saiful Bahri Zan (Peringkat II TOS)

Awal tahu ada pendaftaran TO SINTESA itu dari adik kelas di smansa, nah karena saya punya planning buat daftar lagi tahun ini ya tanpa basa basi ikut lah walaupun ngerasa udah tua buat ikut ginian. Supaya ngga malu saya ajak 2 teman kuliah buat ikutan juga. Harinya pun datang, dengan persiapan 0% kita ikutan tuh TO, tapi semangat kita 100% dan ahirnya selesai tanpa beban. Biasanya message FB sepi, tapi hari senin ada 1 pesan baru dan datangnya dari SAMSUDIAT SAM. Katanya selamat kamu jadi peserta TO terbaik, rada heran karena ngiranya paling peringkat 99 atau berapalah tuh karena persiapan 0%. Dan setelah dicek manual di pengumuman ternyata benar saya peringkat 2 dan dapat jalan-jalan UI gratis, Alhamdulillah. Jadwal keberangkatan hari jumat dan harinya pun datang. Yang biasanya bangun jam 9 ini harus bangun jam 5. Naik kereta pagi dari tegal ke jakarta 5 jam dan duduk terus itu pegel. Meninggalkan solat jumat dan sampai di WISMA SINTESA kira-kira jam 2.

Hari pertama waktunya buat istirahat dan malamnya makan bersama SINTESA di Restaurant/rumah makan/warung. Dan selesai dari itu sang JAWARA TO istirahat. Hari kedua adalah hari yang paling berkesan, paling bikin cape, paling memuaskan dan paling-paling lainnya. Acaranya keliling UI ditemani Ismi, diah yang kata ayahnya cantik terus diat yang kata dirinya sendiri ganteng. Fakultas yang pertama dikunjungi itu F-MIPA terus ke rektoran lanjut ke perpus pusat yang megah, keren, dan ada kebun apple. Perjalanan dilanjutkan ke FISIP tapi yang jadi perhatian malah yang kebakaran. Terus ke FIB nyebrang teksas nyampe di FT. Kita istirahat tuh di kantinnya ditemani hujan. Dan pada akhirnya nyampe di FE yang jadi tujuan saya. Yang ada dalam pikiran adalah suatu saat saya akan kembali lagi kesini untuk kuliah. FE itu fakultasnya beda sendiri, megah, dan bikin kangen (katanya gitu). Nah setelah itu kita luntang lantung gada tujuan, sampai akhirnya berhenti di lapangan depan rektorat mendengar motivator terbaik sintesa berbicara. Satu yang diingat adalah YA ALLAH, JIKA UI ADALAH YANG TEBAIK BUAT SAYA, MAKA BANTU SAYA UNTUK MENGALAHKANNYA.

Malamnya kita kumpul-kumpul dan baru ngerasain suasana kebersamaan yang kaya gini. Gak ada senioritas, yang tua ngerasa muda, yang muda ngerasa tua, Itulah sintesa. Main game yang katanya menguras pikiran (katanya gitu) padahal ditipu. Dan acara terahirnya adalah perkenalan kenapa kita bisa sampe sini.

Banyak pengalaman yang didapat. Banyak pelajaran juga yang didapat dari teman-teman sintesa. Kesederhanaan yang terasa dengan aura perjuangan di wisma gak bakal terlupakan. Saya harap bisa kembali lagi dengan status MABA UI. Doakan kami ( Osel, Irwan, Arif, Fandi, Saiful, dan Ifti). Semoga salah satu, salah dua, salah tiga, salah empat, salah lima, atau semua dari kami bisa jadi keluarga SINTESA. Terimakasih juga buat teman-teman sintesa yang dari awal sampai akhir bisa membuat kita nyaman dari berangkat sampai akhirnya pulang lagi ke Tegal.. bangga bisa kenal SINTESA. Terimakasih….

Wassalamu’alaikum…….

 

————————————————————————————————————————————————————————

Ifti Khori Royhan (Peringkat III TOS)

Sebenernya nggak nyangka juga sih bisa ikut tour de UI, soalnya pas try out ngerjainya juga banyak yang ngasal. Waktu itu sebenernya target cuman lolos passing grade dari jurusan yang aku pengen, eh ternyata ada bonusnya.. ya lumayan lah.. berarti nggak sia-sia juga waktu itu ikut pembahasan sampe sore dan berulang-ulang protes kunci jawaban sama kakak-kakak Sintesa. Sebenernya dulu aku nggak ada niat buat kuliah di perguruan tinggi semacam UI, UGM, dll. waktu itu aku cuman pengen kuliah di STAN yang katanya kalo masuk situ hidupnya udah terjamin. Tapi berdasarkan info dari alumni waktu itu, katanya STAN belum pasti mbuka pendaftaran tiap taunya. Haduh jadi galau akhirnya.. Hingga suatu waktu datanglah kakak-kakak Sintesa dengan jaket kuning kebanggaanya. Dalam hati mikir wuiihh jakete ngejreng sing ndi kuwe yah. Waktu itu aku masih kelas XI, kebeneran mereka masuknya cuman ke kelas XII jadi aku coba nanya ke kakak kelas, baru deh aku tau kalo yang kuning-kuning itu dari UI. Dari ketertarikan sama jaket kuning itu, akhirnya aku mulai nyoba cari-cari info tentang UI, apa aja yang ada di UI, jurusan apa aja yang ada di setiap fakultasnya. Dan akupun menemukan jurusan yang sesuai dengan passion ku. Dari situ aku nyoba nyari kontak kakak Sintesa yang ada di jurusan itu dan Alhamdulillah emang ada dan orangnya asik juga. Aku mulai konsultasi, nanya banyak hal sama beliaunya dan ternyata emang di situ minatku dan insyaAllah jurusan itulah yang akan aku perjuangin di tahun 2014 ini.. Kelas XI pun berlalu dengan cepatnya. Tibalah masa mumet-mumetan kelas XII. Wuiss tapi jangan salah, ternyata kelas XII itu mampu mengubah temen-temenku yang dulu pas kelas X, XI begitu apatis sama sekolah jadi rajin cari-cari info tentang studi lanjut. Mereka yang biasanya keluar masuk BK gara gara telat, mbolos, dll. Ketika kelas XII jadi rajin keluar masuk BK tapi dengan sebab yang berbeda, mereka mulai nanya ke bapak ibu penunggu BK tentang perguruan tinggi, dll. Ini ngebuktiin kalo nggak ada satu orang manusiapun yang pengen punya masa depan suram. Heehee.. Begitupun aku juga ikut-ikutan rajin ke BK. Tapi jujur yang selalu tak tunggu adalah ketika mas mbak berjaket kuning itu datang ke sekolah. Rasanya seneng aja ngeliat mereka, kayaknya keren dan mereka punya tampang-tampang orang cerdas gitu lah. Hingga suatu hari mereka dateng ke kelasku untuk kedua kalinya dan ngasih info kalo Sintesa bakal ngadain try out SBMPTN. Wahh pokoke kudu melu kyeh, soalnya aku emang belum pernah ikut try out SBMPTN sebelumnya, jadi lumayan lah buat pengalaman ngrasain sensasi tes yang ada nilai min nya. Lagian pas itu juga tempat TO nya di sekolahku, jadi deket tinggal jalan. Malem sebelum TO aku nggak banyak persiapan cuman modal pernah ngerjain satu paket soal SNMPTN 2009, ya lumayan lah paling nggak udah tau kalo ada soal sebab akibat dan nggak sampe malu-maluin protes sama pengawasnya kalo soalnya salah karna nggak ada opsi a,b,c,d nya. TO pun berlalu, dan waktunya pengumuman.. waktu itu aku cuman dapet sms selamat dari beberapa temen kalo aku masuk 3 besar. Awalnya aku sih nggak begitu peduli sama pengumumanya, pas dapet sms langsung dari Sintesa baru deh percaya. dan besok paginya di sekolah kalo ketemu sama temen mesti di ciyeni, eciyee yang mau jalan2 ke UI… dan semacamnya. Isin juga sih sebenere.. Dan ternyata dalam waktu yang cukup singkat Sintesa memenuhi janjinya untuk membawa kami ke UI. Cuman jarak beberapa hari dari pengumuman, kamipun dibawa ke Depok. Jujur pas pertama kali turun di stasiun UI rasanya tuh gimana gitu.. gimana sih rasanya kalo kita ketemu sama sesuatu yang sangat kita idam-idamin.. mata berkaca-kaca terharu.. (lebay nemen yah) tapi emang iya iz.. di stasiun kami di jemput sama beberapa kakak2 Sintesa (tapi mereka nggak bawa poster penyambutan sih) dan kami langsung dibawa ke Wisma Sintesa. Ehem mengenai kondisi Wisma Sintesa yang jauh berbeda dari imajinasi, aku rasa nggak usah di bahas deh.. Sampe di wisma kami di sambut sama kakak-kakak Sintesa yang lain. Dari sini udah kerasa banget kekeluargaan di Sintesa. Orangnya asik-asik dengan ciri khas mereka masing-masing. Ada yang cerewet, diem, misterius, sampe yang nyrokcok juga ada hehehee.. piss.. tapi unik banget lah pokoke. dan satu hal lagi yang aku dapet dari wisma, guyonanya anak wisma Sintesa itu guyonan bermutu yang butuh mikir. So, bagi anda yang memiliki IQ dibawah standar jangan berani berani main ke Wisma Sintesa ya.. hehee.. Malam pertama di wisma kami diajak jalan-jalan ke Gramedia, liat-liat buku dan pulangnya kita makan di tempat makan yang waouw. Cukup menguras dompet. ya nggak papa deh sekali-kali makan di tempat elite. Besoknya hari yang kami tunggu-tunggu, tour de UI men.. ya meski waktu itu gerimis tapi kita tetep semangat dan dengan antusiasnya keliling-keliling UI. Dimulai dari FMIPA, foto-foto depan rektorat, dan yang paling berkesan tuh pas masuk perpusnya. Wah gila luar biasa tuh perpus didalemnya ada alfamart, toko buku, toko laptop, dan hotspotnya itu lo, mungkin kalo aku ditinggal disitu dikunci dari luar pun mau.. . Berlanjut ke fakultas fakultas lain termasuk FISIP. Lewat jembatan teksas dan disambut sama anjing-anjingnya FT. Pokoknya bener bener pengalaman yang luar biasa. Abis itu sebenernya kita mau nonton wisuda yang 3,5 taun, eh katanya malah nggak boleh masuk. Akhirnya kita ngaub dibawah pohon depan rektorat karena emang lagi gerimis. Nah disitulah kami dikasih motivasi sama salah seorang kakak Sintesa. Waktu itu tuh momen nya bener-bener pas banget, pas ujan terus lagi ada wisuda di balairung, kami disuruh ngebayangin kalo ntar 4 taun lagi kami bakal ada di balairung itu pake toga sama orang tua kami. Wah dalem banget asli.. udah itu kami dikasih doa sama kakak itu, doanya gini : Ya Allah, jika UI adalah yang terbaik untukku dan keluargaku, maka bantu aku mengalahkanya.. kami disitu bareng-bareng berdoa sambil ngeliat makara yang ada di gedung rektorat. Pokoknya so sweet deh .. Abis itu kita pulang ke wisma, lumayan pegel juga sih kakinya, tapi pegelnya kalah sama rasa seneng bisa liat UI secara langsung. Malemnya ada acara SSS (Sintesa Senang-senang). Jujur aku bingung, kok acaranya isinya tebak tebakan mulu ya, kenapa namanya bukan STT (Sintesa tebak-tebakan)? udah gitu susah-susah lagi, paling aku cuman mudeng 3 tebakan dari berbagai tebakan yang disuguhkan oleh kakak-kakak Sintesa. Haduuhh.. ternyata beginilah senang-senang ala anak cerdas.. aku kok malah tambah stress ya? Hehehee.. tapi tetep seru kok disitu ngrasa kaya udah kenal akrab, jadi nggak terlalu canggung juga. Besoknya kita jalan-jalan ke asrama UI dan sarapan disana, ternyata tinggal di asrama kayaknya asik juga, bisa ketemu sama orang-orang dari seantero Indonesia. dan biaya tinggal di asrama UI juga lumayan terjangkau. Abis itu kita jalan-jalan ke crop circle nya UI, ternyata lumayan butuh perjuangan juga buat sampe disana. Disitu cuman foto-foto sih. Siangnya kita udah harus berangkat ke stasiun Jakarta kota dan balik ke Tegal. Sebenernya berat juga sih soalnya masih betah di wisma, tapi inget besoknya mau ujian praktek jadi pengin cepet pulang.. hee.. tapi jujur ini pengalaman yang luar biasa, jadi tambah semangat buat ngejar makara. Seneng banget bisa kenal sama orang-orang luar biasa di Sintesa, semoga bisa kembali kesitu dan bisa gabung jadi anggota Sintesa.. And the last pokoknya makasih banget buat kakak-kakak Sintesa yang udah nyelenggarain acara tour de UI. Semoga acara kayak gini bakal terus ada buat nambah motivasi anak yang punya cita-cita masuk ke UI. Pokoke Sintesa is the best …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s