Motor Ramalan


Adam Makarim (Sastra Arab 2008)

Hello world apa kabar. . .???

Baikk…..jawabnya..

Apa hubungannya y? gini kalau saya mau menulis harus dalam keadaan baik dulu, jadi tulisan saya dapat di fahami dengan mudah. Jika kalian melihat kata fahami kalian pasti teringat dengan Bahasa Arab. Y kan?? Hehe

Kalia pada bingung dengan judunya yaitu ”Motor Ramalan”. Okai daripada lama-lama Lagi saya langsung saja cerita tentang perjalanan hidup untuk menempuh Sastra Arab UI.

Awalnya saya berpikir untuk masuk ke salah satu Universitas di Semarang (Rahasia. Sebut saja UNDIP. hehehe). Saya juga diperintahkan orang tua untuk masuk UNDIP karena dekat dengan Tegal dan juga kakak saya kuliah disana. Lalu saya iseng mengikuti salah satu bimbel di Depok, tetapi tunjuannya mEsih satu yaitu kuliah di UNDIP dan UI hanya coba-coba.

Saya mengikuti program intensif yang waktu itu hanya satu setengah bulan. Saya ikut bimbel itu dan juga pastinya dibimbing oleh kakak-kakak dari SINTESA yang membimbing kami, walaupun mereka sedang sibuk kuliah. Tiba waktunya untuk pendaftaran dan saya sudah ada target untuk mendaftar di Akuntansi UI. Saya mendaftar di UMB yang pada waktu itu ada 2 pilihan. Pada waktu itu, saya bingung untuk memilih pilihan yang kedua. Setelah saya berpikir, ternyata Sastra Arab UI menjadi pilihan saya.

Mengapa saya memilih Sastra Arab UI…? karena kakek dan nenekku di rumah sering menggunakkan Bahasa Arab (karena saya ada keturunan juga) dan saya sangat bingung untuk memahaminya. Lalu saya berpikir untuk memilih satra Arab UI menjadi piliha ke-2 ku (masa orang Arab g bisa ngomong Arab?? Hehe…).

Detik berganti dengan detik, menit berganti dengan menit, jam berganti dengan jam, hari berganti dengan hari, bulan berganti dengan bulan…akhirnya tibalah pada tanggal 6 Juni 2008 untuk  mengikuti Ujian Masuk Bersama yang kebetulan tempat ujian saya di FISIP UI. Pada waktu sore hari kami yang Ujiannya kebetulan bersama-sama di FISIP UI, jalan-jalan untuk survei tempat sekaligus menghilangkan kepenatan di kosan.

Hari pertama Ujian pun dimulai. Kami berangkat bersama dan sebelumnya kami meminta do’a dari kakak-kakak SINTESA agar kami dapat menyelesaikan UMB semaksimal mungkin. Pada waktu ujian, saya membawa permen dan air minum (tidak apa-apa kok membawa minuman dan permen,,asalkan kita tidak berisik dan mengganggu orang lain pada waktu ujian). Kami mencoba semaksimal mungkin pada waktu ujian. Ujian ini tidak hanya ujian untuk otak kita, tetapi kesiapan mental juga diuji di sini.

Akhirnya pada hari ke-2 UMB selesai juga UMB. Banyak teman-teman yang pesimis untuk masuk ke UI. Disitu merupakan titik kelelahan kami setelah belajar UMB selama kurang lebih 1 bulan.

Ada sebuah cerita yang menarik sebelum pengumuman UMB.

Satu hari sebelum pengumuman,, saya dan teman saya ingin mencari makan di Margonda. Pada waktu itu kita bingung mau makan apa (karena besok adalah hari pengumuman UMB). Lalu pada saat di depan Margonda Residen,, tiba-tiba suara motor krosak-krosak terdengar nyaring dan motor pun berhenti. Pada malam itu kami bingung apa yang hendak kami lakukan dengan motor tersebut. Teman saya mencoba mengutak-atik motor tersebut namun tidak bisa.

Pada waktu motor kami mogok, tepat berhenti di depan warung makan Lamongan. Dan kami pun memutuskan untuk makan di situ. Akhirnya kita bisa makan juga (walaupun dalam keadaan motor yang rusak). seteLah makan munculah ide untuk  menuntun motor ke kosan teman. Kami bingung mencari jalan puteran di dekat situ (karena kalau malam lumayan jauh puteran arah balik). Lalu kami memutuskan untuk mengangkat motor untuk melewati pembatas jalan yang Lumayan tinggi. Beruntungnya kami pada waktu itu tidak ada polisi di sekitar situ.

Pada saat kami mendorong menuju kosan, ada secercah harapan. Ternyata ada bengkel yang masih buka. Kami menuju ke sana dan setelah kami bertanya dan tukang servis itu mencoba untuk mereparasi motor. Setelah kami tunggu beberapa Lama ternyata hasilnya nihiL. Akhirnya kami melanjutkan menuntun motor.

Di perjalanan kami mengobroL”ini tandanya apa y?? Apakah kita akan diterima di UI atau g y??” dengan nada yang Optimis teman saya menjawab ”kita Insya Allah bisa ko. Di setiap kesulitan pasti ada kesenangan”. Kata-kata itu menbuat kami Lebih bersemangat untuk mendorong motor tersebut.

Keesokan harinya tanggal pengumuman UMB datang. Jantung saya berdetak dag dig dug dueerr. Pengumuman pada hari itu baru diumumkan mulai jam 5 sore. Teman saya menginstalkan modem di laptopnya agar kami bisa melihat pengumuman UMB semua anak-anak yang mendaftar dan ikut bimbingan bersama denganku. Lalu kami melihat pengumuman tersebut dan saya agak takut juga untuk melihatnya. Dan waktu sekitar pukul 18.00 teman saya melihat hasil UMB saya dan AlhamduLiLah bertuLiskan SELAMAT. .. . waw this is Amazing, unbelieveble, unpredictable, rasnya ingin menangis, terharu dan…. keesokan harinya saya baru meberi tahu kepada orang tuaku. Dan orang tuaku menberi seLamat padaku.

Naahh setelah selesai meluapkan kegembiraan tersebut, sekarang saya akan menceritakan ap;a saja yang dipelajari di Sastra Arab UI. Kita di Sastra Arab, tidak hanya belajar bahasa Arab. Akan tetapi kita juga belajar kebudayaan dan sejarah Arab juga. Seperti Pengantar Kesusatraan, Sejarah Masyarakat Arab, Sejarah Bahasa Arab dan lain sebagainya. Di sini kita juga belajar tentang prosa Arab dan lain sebagainya yang pastinya serba Arab.

Teman-teman sekarang ini saatnya berpisah dan terima kasih banyak telah mau membaca cerita yang panjang Lebar dari saya.

SYUKRON KATSIRUN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s