The Power of Silaturrohim (Part 2: Minggu, 13 Desember 2009)


Muhammad Budi Mulyawan
(Staf Humas Sintesa)

Siapa bilang senior tidak mau membantu program-program Sintesa? Silaturrohim yang banyak terjalin telah perlahan mengubah paradigma berpikir “gap” antar angkatan di Sintesa. Pertemuan salah satu senior Sintesa yang baik dan rendah hati hari ini telah mengawali rangkaian acara “Lawatan Silaturrohim” kepengurusan baru Sintesa 2009/2010 yang diketuai oleh Adam (Sastra Arab 2008). Ini adalah lawatan ke-2 kali sejak pertemuan ”silaturrohim” IKBT di Taman Mini 6 Desember 2009. Lawatan ini bertemakan “The Power of Silaturrohim: A Change of Season in Sintesa”

Hari Minggu ini kami bertemu dengan Mas Beky, nama yang tidak asing di telinga para Sintesa’ers. Mas Beky adalah Sintesa’ers angkatan 93 jurusan Fisika. Pada waktu kepengurusan Sintesa jaman dahulu, beliau aktif sebagai humas Sintesa. Kebetulan saya dan Adam adalah mantan dari humas Sintesa. Obrolan pun menjadi hangat. Obrolan dimulai dari transformasi Sintesa menjadi KMT(Keluarga Mahasiswa Tegal), kemudian IST (Ikatan Siswa Tegal), dan Sintesa (Satu Ikatan Tegal Bersaudara) yang pada intinya mempunyai tujuan sama: Membangun Tegal Tercinta. Beliau menceritakan salah satu program Sintesa di masa kepengurusan beliau yaitu “briefing” ke sekolah-sekolah untuk mempromosikan bagaimana cara kuliah di UI. Hingga saat ini, Sintesa telah berkembang dengan pesatnya dengan banyak program strategis dan unggulan.

Mas Beky adalah owner dari SKM UI, sebuah bimbel yang mengusung konsep “simplify” namun dengan total murid yang dihandle sudah mencapai ribuan. Beliau juga menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Master 21. Kami dengan Mas Beky membahas banyak agenda penting menyangkut Sintesa ke depan. Beberapa agenda penting yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain:

Membahas Proker Sintesa Terbaru: “Sintesa Charity for Tegal”
Program kerja ini merupakan program ber-segmentasi. Program pertama adalah program bimbingan belajar di Tegal yang ditujukan untuk siswa SMA kelas XII. Program ini merupakan langkah inovatif Sintesa dalam menghadapi tantangan persiapan Simak UI untuk siswa-siswa SMA yang berminat masuk ke UI. Kemudian program-program keduanya adalah program penanaman 25.000 bibit mangrove (bakau) di desa Muara Reja Tegal. Segmen untuk acara ini yaitu anak SMA kelas X dan XI agar dapat menanamkan kesadaran lingkungan beserta mengenalkan Sintesa sejak awal ke kelas X dan XI. Segmennya mencakup organisasi SMA seperti Osis, Pramuka, PMR, dll. Dalam acara ini pula Sintesa recananya menjalin kerjasama dan keakraban terhadap berbagai elemen yang ada di Tegal seperti Pemda, masyarakat setempat, organisasi pemuda lain seperti Kaskuser Regional Tegal, Bem Fakultas Universitas Pancasakti Tegal, Lentera. Media Partner lokal seperti Suara Merdeka, Radar Tegal, berikut pula kerjasama sponsorship dengan berbagai pihak terkait. Semuanya merupakan program agar Sintesa semakin eksis dan dicintai oleh masyarakat Tegal.

Pembahasan rencana kerjasama resmi Sintesa dengan Master 21
Master 21 merupakan lembaga bimbingan belajar profesional di Margonda Raya dengan ribuan klien untuk murid yang belajar di kelas maupun privat. Kerjasama dengan Master 21 adalah menyangkut perekrutan anggota-anggota Sintesa menjadi pengajar kelas maupun privat secara resmi. Secara umum kebutuhan dan biaya hidup di Jakarta menjadi tantangan tersendiri bagi Sintesa’ers. Sekitar sembilan dari 10 anggota Sintesa mengajar privat maupun kelas di lembaga bimbingan belajar untuk mencari tambahan penghasilan dan mencari pengalaman. Secara resmi Master 21 akan memfasilitasi dan menjembatani anggota-anggota Sintesa yang ingin mengajar privat maupun kelas. Tugas Sintesa pada kerjasama ini adalah membuat manajemen perekrutan bagi anggotanya yang berminat mengajar.

Pembahasan Program Bimbel Bareng untuk Persiapan UMB dan SNMPTN
Master 21 menyediakan sarana dan prasarana seperti ruangan, modul UMB/SNMPTN, dan tryout untuk program SBB (Sintesa Bimbel Bareng)di Jakarta. Staf pengajar untuk program ini adalah anggota Sintesa yang sudah berpengalaman di dunia mengajar privat maupun kelas. Program ini meliputi program beasiswa bimbingan belajar gratis untuk pelajar Tegal yang tidak mampu atau program bimbingan belajar yang berbayar. Mereka dari Tegal akan kami bimbing di sini.

Diskusi tentang bagaimana mencari dana untuk Sintesa
Mas Beky menerima permintaan dari Sintesa sebagai penasihat pembina divisi enterpreneur Sintesa (Danus). Nasehat pentingnya antara lain agar Sintesa dapat memiiki aset atau suatu unit usaha yang kemudian dananya bisa menunjang program-programnya ke depan. Dalam diskusi ini dibahas pula tentang wacana pengumpulan orang Tegal senior sebagai penyandang dana dan donatur sebagai kepedulian terhadap Sintesa. Tidak cuma dibahas, hal ini akan direalisasikan dalam rencana lawatan Sintesa bersama Mas Beky ke senior-senior seperti Mas Wisnu (Alumni Fasilkom UI sekaligus mantan Ketua Sintesa), Pak Narto (Direktur Utama Al Izhar BSD), Pak Edi (Kepala Sekolah SMA Al Izhar), Pak Suhadi (Alumni S2 Politik UI), Mas Amir, Mas Ikhwan, dan banyak senior yang akan di data seminggu ini sebagai program kunjngan kerja dan silaturrohim.

Pada akhir pembicaraan beliau berpesan bahwa pengurus Sintesa harus memiliki loyalitas tinggi. Karena itu adalah salah satu kunci yang dibutuhkan untuk rencana-rencana besar ke depan. Lunturnya idealisme pada perubahan status sebagai mahasiswa dan sebagai orang yang telah berkeluarga menurutnya adalah hal yang sangat wajar. Mahasiswa itu idealis, tapi kebanyakan jika sudah berkeluarga akan realistis. Mari kita belajar idealis dan realistis agar jadi orang yang lebih bijaksana.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s