“Binder Book Uncovered”


Erlinda Perdana Putri (Psikologi 2007)

Di suatu pagi kesembilan belas bulan Maret, matahari nyorotnya keterlaluan, terik banget! Untung aja aku ga nguli (baca : kuliah, red.) hari ini. Dalam kecerahan yang terlalu di kamar kost, aku harusnya udah intim banget sama Psychological Testing by Anastasi & Urbina karena deadline dan bahan UTS udah menggila. Tapi jiwa procrastinator (suka menunda, red.) menguasai tanpa ampun, aku malah cari-cari kerjaan lain buat alasan menjauhi si Anastasi & Urbina itu.
Jadilah sebuah binder book uncovered jadi pelarianku. Begitu buka-buka halaman awalnya, otakku dengan gesit merecall catatan-catatan dari long term memory aku (jangan pusing bacanya, intinya cuma mau bilang aku langsung inget hal-hal jaman dulu, hehhe).

20 Mei 2007
Tema hari ini : Jalan-jalan seharian sama pacar & YMC. Walopun ga full banget seneng-seneng karena sepagian tadi pacar malah ngambek berat sampe bikin hati galau (cie…). Untung aja begitu aku ancem, pacar baik lagi, hahhaa.. Jadilah, seneng-seneng sesiangan sampe malem. Tapi pas mau pulang malah sedih banget banget banget! Aku harus pamitan sama mereka.. Besok pagi-pagi banget aku udah harus ke Jakarta buat ikutan bimbel intensif SPMB. Huuh, kenapa siy musti segininya nyiapin diri buat SPMB?

21 Mei 2007
Aku udah nyampe Jakarta, harus siap ikutan bimbel intensif di sini. Iya, aku harus repot berat buat ngadepin SPMB 2 bulan lagi. Harus rela jauh dari rumah, dari mama-papa, dari pacar, dari temen-temen..
Hiks, sedih siy, tapi ya udahlah, mau bilang apa. Sebenernya hari ini hari perdana masuk bimbel, tapi aku malah bolos karena belum nyampe Jakarta, hehhee.. Jadi deg-degan ngadepin besok, kaya apa temen-temen yang bakal aku temuin di sini, kaya apa beratnya bimbel buat SPMB, kaya apa juga rasanya jauh dari rumah buat waktu yang lama. Hhh..

23 Mei 2007
Aku abis dari UI!!! Wets, aje gile, gede bgt kampusnya..! Hari ini jadi adventure day banget, soalnya hari ini pertama kalinya aku naik motor di sadisnya jalanan ibukota dan langsung aja gitu disuruh jalan dari Utankayu sampe Depok (baca : kampus UI)! Emang siy, ditemenin sama mama, bude dan sepupuku tercinta. Tapi tetep ajaaaa, NGERI! Pegel banget bolak-balik JakTim-Depok demi liat calon kampus aku (amiiin). Oiya, hari ini bimbelnya libur karena emang tiap Rabu jatahnya libur.

2 Juni 2007
Gila, gila, gila…! Hidup aku penuh banget sama pelajaran!! Parah, seumur idup baru sekarang aku ngerasain jadi anak yang rajin belajar, ga pernah main keluar rumah, trus begaul akrab banget sama buku-buku pelajaran. Bimbel 6 hari seminggu & tugasnya bikin aku kerja keras, banting otak 7 hari seminggu. Kangen rumah, kangen mama-papa, kangen pacar, kangen ade-ade aku… Aku pengen pulaaaang! Hiks.. Untung aja, mama & pacar sering banget telfon. Seneng!

8 Juni 2007
Alhamdulillah, nilai tryout SPMB aku naik! Berasa ga sia-sia belajar mati-matian.. Oiya, tadi aku jatoh dari motor! Sial banget diseruduk orang dari belakang, udah gitu aku yang diomelin sama yang nabrak. Bener-bener ibukota itu kejam (alah, apaan siy! hehhe). Untung aja aku udah siap pasang muka galak & gantian ngomelin si abang ga tau diri itu! Huuh..! Perjuangan… perjuangan… demi UI, aku emang harus rela cape pulang-pergi dari rumah bude sampe ke tempat bimbel pake motor 25 kilo tiap hari…

16 Juni 2007
LULUS..! LULUS..! LULUS..!!!!!! Alhamdulillaaaah…. Huwwwa, seneng banget! Walopun sempet ada perasaan ngganjel juga buat hasil UAN, tapi ya udahlaaah, yang penting udah lulus… Hmph, besok pagi-pagi banget aku udah harus balik lagi ke Jakarta niy.. MAAALLEES!!! Enakan dirumah gini.. Bisa sama mama-papa, ketemu pacar, maen sama temen2… Oiyaaa, ada kabar bagus lagii, hampir lupa kan bilangnya… Nilai tryout aku udah lewatin passing grade psikologi UI! Yippiiee.. Moga aja sampe ntar pas SPMB beneran nilainya juga begini bagusnyaaa…

22 Juni 2007
Cinta marah-marah muluuu… Curigaaaaa mulu…. Kita berantem terus belakangan ini.. Hari ini juga lagi marahan, heboh banget niy marahannyaaaa… Aku sampe ga bisa belajar malem ini… Haaaduuuu,, capenya dicemburuin terus kaya ginniii… Hiks,, Aku pengen dingertiin.. Aku juga kangen diaaa, aku sayang diaaa,,, aku ga akan macem2 kuq disini.. Kan aku cuma pengen masuk UI, buat mama-papa, buat masa depan aku… Kenapa dia ga ngerti2 siy! Katanya sayang akuuu….

26 Juni 2007
Parah dehhh… aku mulai ga bisa kerjain soal-soal tryout! Gimannnaaaa innniii…?!!! SPMB makin dekeeeet… Ahh, ga suka deh kalo kaya giniii… Aku udah mulai jenuh banget! Cape banget idup monoton kaya gini… Cuma makan, tidur, ngebimbel, belajar lagi, gituuuuu terus tiap hariii! Aku boseeeennnnn………

30 Juni 2007
Nyata kan hasil tryout aku makin amburadul… Hiks… Sampe anjlok lagi kaya pas pertama ikutan bimbel coba! Haduuuhhh, SPMB udah deket bangeeeet… Mana cinta juga masih begituu, sekarang malah dia udah ngancem mau putus! Haaah, mau jadi apa aku pas SPMB ntar!!! Hmph… Aku cuma bisa nangis & ngerenungin keadaan, semoga semua cepet jadi baik-baik lagi..

3 Juli 2005
Jam 11 pagi mama & dinda nyampe Jakarta. Mereka khusus dateng buat temenin aku SPMB besok. Ga lama setelah mereka nyampe, kita langsung bermotor-motor ria di daerah Salemba, Jakarta Pusat buat survei tempat aku SPMB besok. Untungnya ga jauh dari rumah Pakde, yaaaa cuma sekitar 10 menitan gitu kalo pake motor.

4-5 Juli 2005
SPMB!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Huwa… ga bisa boong kalo aku deg-degan banget ngadepin dua hari ini.. Dua hari yang udah bikin aku repot setengah mati, bikin aku jauh semua yang aku sayangin, bikin aku mampus belajar muluuu… Akhirnya aku hadepin juga! Ternyata emang SPMB itu susaaaaah banget! Aku ngerasa suma yang aku pelajarin itu jadi blur. Begitu selesai SPMB, aku udah tinggal berdoa banyak2 ajaaa… Sempet dibilang ga lulus tuh sama si tempat bimbel, katanya prediksi nilaiku masih ga cukup buat tembus ke UI… Udah nangis2 kejer dirumaahh.. Ngerasa sia2 belajar segitu keras… Tapi, Allah emang LUARBIASA baiknya sama aku… Pas hari pengumuman SPMB, aku cek pake internet, notifikasi yang keluar itu “SELAMAT! Anda diterima dalam program studi ….. (nomor prodi Psikologi UI yang aku lupa berapa, hehe).” Sempet ga percaya tapi nyatanya sekarang aku udah kenal baik sama buku-buku pelajaran psikologi yang ribet tapi seruuu… ALHAMDULILLAH…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s