INFORMASI JALUR SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UI TAHUN 2013 (TERBARU)


Hai adek-adek SMA di kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Sekitarnya. Akhirnya masuk juga ya di semester 2, berarti sudah gk lama lagi niih bakal menapai mimpi-mipi kalian buat masuk ke Perguruan tinggi masin-masing. Mudah-mudahan Tuhan selalu mempermudah langkah kalian untuk mencapai semuanya ya.. amiin

Nah,  dalam Notes ini saya akan menyampaikan informasi mengenai POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU khususnya di UNIVERSITAS INDONESIA (UI). Informasi ini didapat dari pertemuan seluruh paguyuban Nusantara UI dengan HUMAS UI dan Tim Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI pada hari Kamis, 27 Desember 2012 @Balai Sidang Universitas Indonesia. Jadi Infoomasi ini Insya Allah Valid.

Teman-teman pasti panik dan khawatir pada saat ada berita yang mengatakan bahwa SNMPTN TULIS DITIADAKAN pada tahun ini dan hanya ada jalur SNMPTN (maksudnya adalah SNMPTN Undangan pada tahun lalu) . Yaaah namanya juga berita, pasti membuat sensasi. Ternyata informasi tersebut belum selesai, jalur masuk yang dahulu namanya SNMPTN TULIS memang tidak ada. Untuk jalur TULIS atau (TES MASUk) pada tahun ini dinamakan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Secara Rinci, POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU PTN terdiri dari : (berdasarkan putusan KEMENDIKNAS)

  1. SNMPTN  : adalah jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik siswa (RAPOR dan prestasi lainnnya)
  2. SBMPTN : adalah jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan HASIL TES TERTULIS / Tes keterampilan .
  3. SELEKSI MANDIRI : seleksi diserahkan sepenuhnya kepada PTN.

Naaaaaaaaaaah… untuk UNIVERSITAS INDONESIA berdasarkan aturan POLA dari Kemendiknas diatas, Jalur Penerimaan UI Tahun ajaran 2013/2014 terdiri dari :

         JALUR RAPOR

Adalah jalur seleksi penerimaan berdasarkan prestasi akademik siswa melauli RAPOR, di UI terdapat 2 jalur RAPOR yaitu :

  1. SNMPTN

Merupakan jalur penerimaan berdasarkan rapor yang diselenggarakan oleh Kemendiknas. Syarat agar bisa mendaftar :

  • semua sekolah yang memiliki NPSN
  • SEMUA SISWA yang DIREKOMENDASIKAN SEKOLAH , memiliki NISN serta nilainya telah dimasukkan oleh Sekolah

Dalam jalur SNMPTN ini, sekolah lah yang memproses penyeleksian Siswa yang akan didaftarkan ke PTN karena Sekolah lah yang memasukkan NILAI SISWA TERSEBUT ke sistem penerimaan. Dalam jalur ini tidak ada ketentuan siswa harus peringkat berapa, tidak ada syarat seperti itu. Setiap siswa berhak mendaftarkan diri ke sekolah.

Waktu pelaksanaan :

  • 17 Desember 1012 – 8 Febuari 2013 : sekolah memasukkan nilai siswa pada PDSS (sistem penerimaan)
  • 1 febuari 2013– 8 Maret 2013 : siswa yang direkomendasikan melakukan pendaftaran di www.snmptn.ac.id2. PPKB / TALENT SCOUTING

Merupakan jalur penerimaan berdasarkan rapor, hanya saja jalur PPKB/ Talent scouting ini diselenggarakan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru oleh UI.  Syarat untuk bisa mengikuti jalur seleksi ini adalah :

  • Hanya siswa yang berasal dari SEKOLAH YANG DIUNDANG OLEH UI (jadi yang bisa mendaftar hanya sekolah-sekolah tertentu yang mendapat surat undangan mengikuti PPKB  oleh UI), biasanya tidak seluruh sekolah di setiap kota atau kabupaten, hanya sekolah tertentu saja yang menurut pihak UI sekolah mereka LAYAK mendapatkan undangan.
  • Siswa yang diperbolehkan mendaftar adalah siswa yang berprestasi yang direkomendasikan sekolah ( 50% TERBAIK sekolah)

Waktu pelaksanaan: sekolah melakukan pendaftaran pada laman yang ditetapkan oleh UI (perkiraan dari pihak UI, PPKB akan diselenggarakan pada bulan Febuari – maret 2013)

KUOTA : total kuota untuk jalur RAPOR ini adalah 50% untuk S1 REGULER , untuk pembagian presentase PPKB dan SNMPTN nya, BELUM ada keputusan\

CARA PENILAIAN SELEKSI JALUR RAPOR:

  • BErdasarkan Skor siswa  : berdasarkan nilai rapor siswa, bobot mata pelajaran, dan INDEKS SEKOLAH. Untuk indeks sekolah, adalah peringkat atau penilaian UI terhadap sekolah yang didasarkan pada track record para alumni siswa yang sedang berkuliah di UI atau yang telah lulus dari UI (itu salah satunya). Penentu lainnya adalah apakah di tahun sebelumnya ada siswa yang diterima mengundurkan diri, atau tidak, hal tersebut sangat mempengaruhi indeks sekolah kalian di UI.
  • Prosess alokasi oleh SISTEM (maksudnya ini merupakan cara SISTEM yang bekerja dalam pengambilan keputusan, mungkin dari jumlah kuota, prioritas pilihan jurusan) 


JALUR TES TERTULIS

Adalah jalur seleksi penerimaan berdasarkan HASIL TES TERTULIS , di UI terdapat 2 jalur  tes yaitu :

  1. SBMPTN (seleksis Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Merupakan jalur seleksi penerimaan berdasarkan hasil tes tertulis yang diselenggarakan oleh KEMENDIKNAS (ditjen perguruan tinggi). Ini merupakan jalur yang pada tahun lalu disebut sebagai SNMPTN TULIS. Pada tahun ini hanya berubah nama. Tata cara pelaksanaan dan syaratnya sama dengan SNMPTN TULIS tahun lalu. Penyelenggaranya pun sama. Jadi intinya hanya berubah NAMA SAJA.

Waktu pelaksanaan : ????? (belum dipastikan dan ditentukan)

      2. SIMAK UI

Merupakan jalur seleksi penerimaan berdasarkan hasil tes tertulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh UNIVERSITAS INDONESIA. Diselenggaran di beberapa kota tertentu. Tata cara dan ketentuan masih sama seperti tahun lalu.

Waktu pelaksanaan : ??? (belum ditentukan karena SBMPTN saja belum ditentukan)

Untuk informasi SIMAK UI bisa dilihat di : www.penerimaanui.ac.id

KUOTA JALUR TULIS : total kuota untuk penerimaan JALUR TULIS adalah 50% untuk S1 REGULER. Masalah pembagian presentasi dari SBMPTN dan SIMAK UI belum ditentukan.

CARA PENILAIAN / MENGAMBIL KEPUTUSAN :

  • Berdasarkan nilai mentah ( +4, 0, -1), nilai hasil pembobotan dan ekuating, nilai baku, nilai nasional . pada intinya ini adalah sistem perhitungan dalam seleksi mahasiswa lewat jalur tulis.
  • Yang menentukan juga adalah : persaingan (peringkat), dan kuota dari jurusan yang akan dipilih.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengikuti update informansinya melalui

Twitter : @SIMAK_UI

Facebook : SIMAK UI

Website : www.penerimaan.ui.ac.id

Jadiiiiiiiiiiiiiii…… demikian lah sedikit informasi untuk adek-adek. Mudah2an bermanfaat dan menjadi informasi tambahan mengenai JALUR MASUK UI tahun 2013. Serta menjadikan motivasi lebih untuk meningkatkan semangat berjuang untuk mencapai cita-cita.

SIAPKAN AMUNISI UNTUK PERJUANGAN KALIAN.!!!!!

“Jika saya diberi waktu 8 jam untuk menebang sebuah pohon,maka saya akan menggunakan waktu 6 jam untuk mengasah kapak saya dan 2 jam untuk menebang pohon itu.”

-Abraham Lincoln-

LetsMOVE , and Catch Your Dreams…

Best regards

-HUMAS SINTESA UI-

CP. DANI (085642859141) (085726886596)

About these ads

12 Comments

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s